13 Makanan Ini Haram Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Ilustrasi maag, asam lambung dan GERD.

Asam lambung merupakan salah satu gangguan kesehatan yang terjadi pada sistem pencernaan. Saat asam lambung kumat, penderitanya akan merasakan nyeri pada ulu hati mereka.

Gejala asam lambung umumnya dipicu oleh pola makan yang salah, stres berlebihan, atau kebiasaan tertentu seperti sering merokok. Untuk menghindari kondisi ini, sebaiknya mulailah memperhatikan hal-hal yang menjadi pantangan asam lambung.

Ada beberapa jenis makanan dan minuman yang sebaiknya Anda hindari untuk mencegah asam lambung naik. Lantas apa sajakah itu, berikut paparannya dilansir Eat This Not That.

1. Makanan yang digoreng

Makanan yang digoreng membutuhkan waktu lama untuk dicerna. Itu artinya lambung harus menggunakan banyak asam untuk memecahnya.

Ditambah lagi, makanan berlemak tinggi menyebabkan tubuh melepaskan garam empedu dan hormon yang disebut kolesistokinin, yang merelaksasi sfingter esofagus bagian bawah, atau LES, sehingga lebih banyak asam yang naik ke esofagus. Untuk mengurangi refluks, hindari pilihan makanan yang digoreng seperti ayam goreng, kentang goreng, dan steak mozzarella.

2. Jeruk

Buah jeruk yang kaya akan kalium, vitamin C, dan serat sangat baik untuk kesehatan secara keseluruhan. Namun, untuk penderita asam lambung atau GERD, jeruk dapat menimbulkan masalah.

Buah ini sangat asam, yang mendorong lambung untuk menghasilkan asam berlebih. Cobalah untuk tidak mengonsumsi lemon, jeruk nipis, jeruk, dan jeruk bali saat refluks kambuh.

3. Cokelat

Cokelat diketahui baik untuk kesehatan. Namun, konsumsi makanan tersebut secara berlebihan bisa menyebabkan gejala penyakit asam lambung kambuh kembali, bahkan memperburuk gejala yang muncul.

Efek mengonsumsi cokelat dapat melemaskan otot di katup kerongkongan. Serta dapat memicu makanan dan isi lambung naik kembali sehingga bisa membuat penderita asam lambung merasakan sensasi perih atau panas di dada serta leher.

4. Minuman Berkarbonasi

Minuman bersoda dapat menyebabkan kembung. Ini tentunya membuat perut membesar dan memberi tekanan pada LES.

Tekanan yang lebih besar dapat menyebabkan lebih banyak kebocoran asam.

5. Kopi

Kandungan kafein pada kopi dapat merangsang produksi asam lambung berlebih, terutama jika jumlah yang diminum terlalu banyak. Selain kopi, Anda juga harus mengurangi konsumsi teh yang mengandung kafein.

6. Alkohol

Alkohol dapat memproduksi gas berlebih di lambung sehingga membuat perut kembung, heartburn, bahkan mengalami refluks asam lambung.

7. Makanan Pedas

Makanan pedas juga jadi salah satu makanan yang harus dihindari oleh orang yang punya penyakit maag dan masalah asam lambung.

Menurut sebuah studi tahun 2020, makanan pedas merupakan makanan pemicu yang paling umum dalam survei terhadap 100 pasien GERD, dengan 62% menyebutkannya sebagai pemicu utama.

8. Camilan Ultra-Olahan

Akhir-akhir ini, sains telah mengungkap banyak kelemahan dari makanan ultra-olahan atau makanan yang mengandung banyak zat aditif, pemanis, dan pewarna buatan.

Meskipun tidak ada penelitian yang secara langsung menghubungkan makanan ini dengan refluks, penelitian telah menemukan bahwa pola makan tinggi lemak, garam, dan rempah-rempah (tiga unsur yang sering Anda temukan dalam camilan ultra-olahan) dikaitkan dengan peningkatan risiko GERD.

9. Tomat

Asam malat dan asam sitrat dalam tomat mendorong lambung untuk memproduksi lebih banyak asam, sehingga meningkatkan kemungkinan refluks. Selain tomat segar, makanan berbahan dasar tomat seperti saus tomat, tomat kalengan, dan saus spageti semuanya dapat merusak gejala GERD.

10. Teh Peppermint

Teh peppermint dikenal sebagai obat pencernaan setelah makan karena mengandung senyawa yang membantu menenangkan usus. Namun, dalam kasus ini, teh peppermint dapat memperburuk refluks asam karena dapat menenangkan LES hingga ke keadaan rileks yang memungkinkan asam masuk ke kerongkongan.

Cobalah teh kamomil atau jahe sebagai gantinya jika Anda ingin sesuatu yang hangat untuk menenangkan perut Anda setelah makan.

11. Jus

Sama seperti buah jeruk dan tomat yang cenderung memicu produksi asam, jusnya juga demikian. Versi jus dari buah-buahan ini mempertahankan sifat yang sama yang memicu GERD seperti dalam bentuk utuhnya. Jus jeruk asam, jus tomat, atau jus jeruk bali dapat memulai membuat asam lambung naik.

12. Daging Berlemak

Apa pun yang tinggi lemak butuh waktu lama untuk dicerna, yang menyebabkan sistem pencernaan bekerja lebih keras dan menghasilkan lebih banyak asam. Itu termasuk daging berlemak seperti iga, ayam dengan kulit, atau daging sapi dengan banyak lemak.

13. Pizza

Meski lezat, pizza bisa menjadi ancaman tiga kali lipat bagi GERD dengan saus tomat asamnya, topping daging berlemak, dan kulit asin. Daripada memesan pai dari jaringan restoran, buatlah pizza yang lebih ramah asam di rumah dengan kulit rendah sodium, saus putih atau minyak zaitun, dan topping protein rendah lemak.

kadobet

Sosok Pencipta Pajak yang Kini Bikin Banyak Rakyat Menjerit

Bapenda

Pajak jadi salah satu instrumen kebijakan yang digunakan pemerintah untuk mendongkrak penerimaan negara. Lewat pajak, negara menarik uang dari rakyat atas transaksi, kepemilikan aset atau barang dan lain sebagainya. Dengan uang pajak, maka negara bisa membangun banyak hal untuk kesejahteraan rakyat.

Namun, di sisi lain, tagihan pajak seringkali membuat pening masyarakat, khususnya dari kelompok kelas menengah. Mereka yang penghasilannya tak begitu besar dibebankan pajak berat oleh negara. Alhasil, mereka pun menjadi geram karena dianggap objek pemerasan negara.

Meski begitu, kegeraman masyarakat atas pajak seharusnya tak hanya ditunjukkan kepada negara, tapi juga pencipta sistem pajak pertama, yakni Firaun dari Peradaban Mesir Kuno. Sejarah mencatat, sekitar 3000 Sebelum Masehi (SM) peradaban Mesir yang dipimpin oleh Firaun menciptakan sistem pungutan negara kepada rakyat, yang kini dikenal sebagai sistem pajak.

Alasan Firaun memungut pajak bertujuan untuk modal pembangunan dan menjaga ketertiban sosial. Firaun mengenakan pajak atas barang-barang, seperti gandum, tekstil, tenaga kerja, dan berbagai komoditas lain. Biasanya, hasil pungutan pajak dialihkan untuk membangun sektor serupa. Misalkan, jika menarik pajak atas beras, maka hasil pajaknya dialihkan untuk membangun lumbung beras.

Firaun tak menerapkan mekanisme sama rata dalam pemungutan pajak, tapi sistem penyesuaian. Maksudnya, besaran pajak disesuaikan dengan kemampuan finansial objek pajak. Ambil contoh ketika memungut pajak ladang. Firaun menetapkan pajak tinggi jika ladang tersebut sangat produktif atau memiliki hasil panen melimpah. Sementara yang non-produktif dikenakan pajak lebih rendah.

“Ladang-ladang dikenai pajak dengan cara yang berbeda-beda, dan tarifnya bergantung pada produktivitas ladang masing-masing dan kesuburan serta kualitas tanah,” kata sejarawan Moreno Garcia kepada Smithsonian Magazine.

Selain itu, sistem pemungutan pajak juga bergantung pada sistem ketinggian Sungai Nil. Hal ini berdasarkan temuan arkeolog yang mengungkap adanya sistem nilometer. Sistem ini berupa garis yang digoreskan di sebuah tangga pengukur ketinggian air. Jika air naik di atas garis, maka berarti ladang tersebut dilanda kebanjikan dan penurunan hasil panen. Artinya, pajak yang dikenakan pun tak begitu besar. Begitu juga sebaliknya.

Seluruh pungutan pajak digunakan untuk pemenuhan kas negara. Semua rakyat dikenakan pajak tanpa terkecuali. Ketika ini terjadi, beban rakyat makin bertambah apalagi di Mesir Kuno juga terdapat sistem kerja rodi. Sistem ini membuat semua warga Mesir diharuskan bekerja kepada negara untuk proyek-proyek publik, seperti pengolahan ladang, penambangan, dan pembangunan infrastruktur.

Meski begitu, bukan berarti tak ada pengemplang pajak. Samuel Blankson dalam A Brief History Of Taxation (2007) mencatat, banyak orang tak ingin pendapatannya dipotong pajak, sehingga berpikir untuk mengakalinya.

Cara paling lazim, misalkan, kongkalikong antara pencatat dan subjek pajak. Subjek pajak sering tidak melaporkan penghasilan sebenarnya kepada pencatat supaya potongan pajaknya kecil. Selain itu, subjek pajak juga sering mengakali pengukuran, seperti mengakali timbangan agar potongan pajaknya rendah.

Pada akhirnya, warisan pemungutan atau potongan penghasilan yang dicetuskan oleh Firaun dari Mesir Kuno masih bertahan hingga sekarang. Sistem yang dicetuskannya pun menjadi inspirasi negara sebagai instrumen efektif penerimaan kas. Kini, semua itu lazim disebut pajak.

kadobet

Beda Nasib! Ringgit & Rupiah Perkasa, Yen Jepang Malah Ambruk

Petugas menghitung uang di tempat penukaran uang Dolar Asia, Melawai, Blok M, Jakarta, Selasa, (3/10). (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Mayoritas mata uang Asia menguat dalam sepekan setelah
bank sentral Amerika Serikat (AS), The Federal Reserve (The Fed) memangkas suku bunga untuk pertama kali setelah empat tahun.

Melansir data Refinitiv hingga akhir perdagangan kemarin Jumat (20/9/2024), penguatan paling perkasa mata uang Asia dalam melawan dolar AS ditempati Thailand Bath yang sehari melonjak 0,78%, diikuti rupiah menguat 0,56%.

Yuan China, Rupee India, dan Ringgit Malaysia juga cenderung menguat secara moderat. Sementara Peso Filipina, Won Korea Selatan, dan Yen Jepang malah berakhir ambruk pada akhir pekan.

Yen Jepang jadi yang paling parah dengan pelemahan nyaris 1% dalam sehari.

Jika diakumulasi dalam sepekan, yen Jepang masih menjadi yang paling parah dengan anjlok 2,19% terhadap dolar AS.

Hal tersebut terjadi lantaran bank of Japan (BoJ) atau bank sentral Jepang pekan ini masih mempertahankan suku bunga-nya. Indikator ekonomi dari negeri bunga Sakura sejauh ini juga masih menunjukkan potensi penguatan suku bunga.

Gubernur BoJ, Kazuo Ueda mengatakan pada konferensi pers setelah pertemuan kebijakan dua hari, menggarisbawahi bahwa BoJ akan menaikkan suku bunga jika ekonomi dan harga bergerak sesuai rencana.

Tomoichiro Kubota, analis pasar senior di Matsui Securities Co mengatakan “Mayoritas pelaku pasar memperkirakan kenaikan suku bunga berikutnya akan terjadi pada bulan Desember,”

Namun, setelah pernyataan Gubernur BoJ pada pekan ini membuat sebagian dari analis berpikir bahwa potensi kenaikan suku bunga akan ditunda hingga awal tahun depan.

Selain Jepang, Won Korea Selatan juga terkoreksi sepanjang pekan ini, sebesar 0,26%. Sementara mayoritas mata uang Asia pekan ini terpantau masih dalam zona hijau.

Ringgit Malaysia memimpin, dengan melonjak 2,28%, diikuti Rupiah 1,62, Bath Thailand nyaris 1%, Peso Filipina dan Yuan China di kisaran 0,60%, dan Rupee India menguat 0,47%.

Mayoritas mata uang Asia yang menguat merespon kabar gembira dari The Fed yang menurunkan suku bunga sebesar 50 basis poin (bps) menjadi 4,75-5,00% pada Kamis dini hari waktu Indonesia, melampaui ekspektasi pelaku pasar.

The Fed dalam keterangannya menjelaskan pemangkasan suku bunga dilakukan karena meyakini inflasi AS sudah bergerak menuju target kisaran mereka di angka 2%. Namun, faktor utama dari pemangkasan sebesar 50 bps adalah tingkat pengangguran AS yang melambung.

“Mengingat kemajuan dalam inflasi dan keseimbangan risiko, Komite memutuskan untuk menurunkan suku bunga sebesar 50 bps,” tulis The Fed dalam website resmi mereka.

Suku bunga AS yang lebih rendah dapat meningkatkan selera risiko dan mendorong aliran modal ke pasar berkembang saat investor mencari imbal hasil yang lebih tinggi.

Dikutip dari The Economic Times, Head of Research Bahana Sekuritas, Satria Sambijantoro menyatakan bahwa pemotongan suku bunga yang dovish memberikan momentum apresiasi bagi mata uang pasar berkembang, dengan pemotongan suku bunga sejauh ini tidak diinterpretasikan sebagai pandangan suram terhadap ekonomi AS.

kas138

Ini Kisah Brand Little Palmerhaus yang Sukses Ekspansi ke Mancanegara

Little Palmerhaus

Memenuhi kebutuhan anak selalu menjadi prioritas utama bagi orang tua. Semangat inilah yang menjadi pendorong Alexander Setiawan dan Shiella Pesik untuk mendirikan brand fashion anak lokal, Little Palmerhaus, pada 2017.

Diawali dengan motivasi sederhana, yaitu membeli perlengkapan untuk sang buah hati, tanpa disangka mengantarkan Alexander dan Shiella pada peluang untuk menciptakan brand pakaian anak mereka sendiri.

Dengan konsistensi dalam menghadirkan produk berkualitas tinggi, Little Palmerhaus berhasil tumbuh menjadi salah satu brand pakaian anak terkemuka di Indonesia. Tidak hanya itu, kesuksesan ini juga berhasil dicapai berkat upaya Little Palmerhaus dalam memaksimalkan strategi penjualan, khususnya di platform belanja online.

Sejak awal berdiri, Little Palmerhaus telah bergabung dengan Shopee untuk meningkatkan visibilitas dan memperluas jangkauan brand mereka. Seiring berjalannya waktu, Little Palmerhaus juga terus menyesuaikan gaya pemasaran dengan memperhatikan preferensi belanja masyarakat, salah satunya dengan memanfaatkan berbagai program dan fitur interaktif dari Shopee, seperti Shopee Live dan Shopee Video untuk terus memperkuat eksistensinya di pasar digital.

Owner Little Palmerhaus Alexander Setiawan mengatakan, sejak mendirikan Little Palmerhaus tujuh tahun yang lalu, ia berkomitmen menyediakan pakaian anak berkualitas terbaik dengan harga terjangkau. Selain memastikan setiap produk memiliki kualitas unggul, memperluas jangkauan menjadi faktor kunci agar produk-produk dengan penuh perhatian dapat diakses oleh orang tua di Indonesia.

“Dalam hal ini, Shopee berperan krusial dalam pertumbuhan Little Palmerhaus. Berbagai program serta fitur interaktif yang disediakan Shopee, khususnya Shopee Live, menjadi strategi yang efektif bagi kami untuk memasarkan produk. Tidak hanya membangun brand loyalty dengan membuat kegiatan jual beli lebih personal, fitur live streaming juga memiliki dampak signifikan terhadap penjualan, di mana kami mencatat peningkatan penjualan 13 kali lipat pada kuartal kedua tahun 2024 dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” kata dia dikutip Sabtu (20/9/2024).

Pergeseran preferensi gaya belanja masyarakat bukan menjadi satu-satunya pendorong kesuksesan Little Palmerhaus di Shopee Live. Berbagai dukungan dan penawaran eksklusif yang disediakan Shopee juga menjadi nilai tambah, baik bagi konsumen maupun penjual.

“Sebagai brand di kategori Mom and Baby, kami memahami bahwa pendekatan yang lebih personal sangat penting. Dalam membeli produk untuk anak, orang tua tidak hanya mempertimbangkan harga atau kualitas, tetapi juga melibatkan perasaan dan kepercayaan. Di sinilah fitur Shopee Live juga sangat membantu,” kata dia.

“Selain menciptakan hubungan yang lebih personal dengan konsumen melalui berkomunikasi dua arah, kami juga rutin memanfaatkan voucher khusus dan penawaran eksklusif untuk menjadi daya tarik tambahan. Dengan strategi ini, kami tidak hanya sekadar memasarakan produk kepada konsumen, tetapi dapat memposisikan brand kami sebagai teman para orang tua dalam memenuhi keperluan buah hati,” tambah Alexander.

kas138

DPR Setuju, Prabowo Bebas Hapus & Tambah Jumlah Kementerian!

Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto menghadiri pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin di Moskow, Rusia 31 Juli 2024. (REUTERS/Maxim Shemetov/Pool)
Foto: Presiden terpilih Indonesia Prabowo Subianto menghadiri pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Kremlin di Moskow, Rusia 31 Juli 2024. (REUTERS/Maxim Shemetov)

DPR RI resmi mengesahkan revisi Undang-Undang Kementerian Negara menjadi Undang-Undang dalam Rapat Paripurna yang dihelat pada Kamis, (19/9/2024). Aturan baru ini membuka jalan bagi pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka untuk menambah jumlah kementerian dan lembaga.

“Apakah Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 39 Tahun 2008 tentang Kementerian Negara dengan penyempurnaan rumusan sebagaimana di atas dapat disetujui untuk disahkan menjadi UU?” kata Wakil Ketua DPR Lodewijk F. Paulus yang memimpin Rapat Paripurna.

“Setuju,” jawab peserta rapat dilanjutkan pengetukan palu.

Sebagaimana diketahui, ada sejumlah perubahan krusial dalam Undang-Undang Kementerian Negara ini. Salah satunya adalah perubahan Pasal 15 yang mengatur batasan jumlah kementerian.

Jumlah keseluruhan kementerian paling banyak 34, diubah menjadi sesuai kebutuhan Presiden dengan memperhatikan efektivitas penyelenggaraan pemerintahan. Berikut ini merupakan bunyi Pasal 15 yang telah diubah itu.

-Ketentuan Pasal 15 diubah sehingga berbunyi sebagai berikut:

Pasal 15

Jumlah keseluruhan Kementerian yang dibentuk sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12, Pasal 13, dan Pasal 14 ditetapkan sesuai dengan kebutuhan penyelenggaraan pemerintahan oleh Presiden

Terkait pengesahan RUU ini, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengatakan meskipun Presiden memiliki hak prerogatif dalam menentukan kementerian, namun tetap diperlukan rambu-rambu agar jalannya pemerintahan menjadi pertimbangan utama. Dia meyakini pengesahan RUU ini menjadi langkah untuk memperkuat koordinasi antar lembaga.

“Pemerintah meyakini, RUU Kementerian Negara ini akan mendukung upaya bersama dalam perbaikan sistem pemerintahan Indonesia,” kata Anas.

Google Menyerah, Mesin Uang Terbesarnya Bakal Dijual

FILE PHOTO: A logo is pictured at Google's European Engineering Center in Zurich, Switzerland July 19,  2018   REUTERS/Arnd Wiegmann/File Photo
Foto: REUTERS/Arnd Wiegmann

Alphabet (Google) akhirnya menyerah menghadapi tekanan dari Uni Eropa terkait kasus anti-monopoli. Raksasa mesin pencari itu dilaporkan telah menawarkan unit bisnis marketplace iklan AdX.

Namun, menurut sumber dalam, para publisher iklan di Eropa menolak proposal tersebut. Mereka menilai rencana Google yang hanya menjual AdX tak menyelesaikan masalah.

Sebagai informasi, bisnis teknologi iklan Google memicu perhatian regulator UE sejak tahun lalu. Hal ini menyusul keluhan dari Dewan Publisher Eropa yang menyoroti model bisnis iklan Google.

Komisi Eropa menuduh Google melancarkan berbagai upaya untuk mempertahankan dominasinya di industri iklan digital. Ini merupakan kasus keempat yang diajukan Komisi Eropa ke Google.

Sebelumnya, Google tak pernah menawarkan penjualan aset bisnisnya saat menghadapi kasus anti-monopoli, menurut tiga pengacara yang terlibat dalam kasus ini.

Selain di Eropa, Google juga menghadapi kasus serupa di AS dan tengah diadili. Regulator AS juga mendesak Google menjual produk Ad Manager yang berisi AdX, serta server iklan publisher Google yang dikenal sebagai DFP.

Publisher menolak proposal Google karena mereka ingin divestasi tak hanya pada marketplace AdX. Sebab, dominasi Google disebut terjadi pada setiap level pasokan suplai teknologi iklan.

“Seperti yang kami katakan sebelumnya, kasus yang dilayangkan Komisi Eropa tentang produk iklan pihak ketiga kami merupakan interpretasi yang keliru di sektor teknologi iklan. Industri ini sangat kompetitif dan terus berevolusi. Kami ingin tetap berkomitmen di bisnis ini,” kata juru bicara Google, dikutip dari Reuters, Kamis (19/9/2024).

Komisi Eropa menolak berkomentar. Dewan Publisher Eropa juga tak merespons permintaan konfirmasi.

AdX atau Ad Exchange adalah marketplace yang memungkinkan publisher membuat ruang iklan (ad space) untuk dibeli para pengiklan secara real-time.

Pada tahun lalu, chief anti-monopoli Uni Eropa Margrethe Vestager mengusulkan Google melakukan divestasi terhadap tool DFP dan ADx untuk menyelesaikan konflik kepentingan yang terjadi.

Namun, Komisi Eropa sepertinya tak akan memaksa Google melakukan divestasi, melainkan hanya meminta raksasa teknologi tersebut menghentikan praktek anti-kompetisinya secara menyeluruh.

Mereka mengatakan perintah divestasi bisa terjadi setelahknya ketika Google gagal memperbaiki kebijakan perusahaan untuk memonopoli industri iklan.

Pada 2023 lalu, pendapatan Google dari iklan, termasuk dari layanan mesin pencari, Gmail, Google Play, Google Maps, YouTube, Google Ad Manager, AdMob, dan AdSense secara total bernilai US$ 237,85 miliar (Rp 3.633 triliun) atau berkontribusi terhadap 77% total pendapatan.

Google merupakan platform iklan digital paling besar dan berkuasa di dunia.

Freeport Sudah Kucurkan Rp 350 Triliun Untuk Investasi di RI

freeport Indonesia
Foto: Antara Foto Muhammad Adimaja via Reuters

PT Freeport Indonesia (PTFI) menyatakan telah menggelontorkan investasi sebesar Rp 350 triliun hingga tahun 2024 ini, terutama untuk pengembangan tambang bawah tanah (underground mining) yang dimulai sejak 2004.

VP Government Relation & Smelter Technical Support Freeport Indonesia, Harry Pancasakti menilai, pengembangan tambang bawah tanah memerlukan waktu yang panjang dan investasi yang sangat besar. Mengingat tambang ini baru bisa mulai berproduksi pada 2019, sekitar 15 tahun setelah investasi awal dimulai.

“Freeport untuk saat ini bisa menambang tambang underground itu karena investasi kita sudah mengeluarkan Rp 350 triliun hingga 2024 ini dan sebagian besar dari investasi itu adalah investasi untuk mengembangkan tambang bawah,” kata dia dalam acara Menuju Indonesia Hijau, Selasa (17/9/2024).

Oleh sebab itu, kepastian berusaha menjadi faktor kunci yang harus didukung oleh pemerintah guna memastikan kelancaran dan keberlanjutan investasi tersebut. Terlebih investasi di sektor pertambangan memerlukan dana yang cukup besar serta jangka panjang.

“Ini menunjukkan bahwa investasi di sektor pertambangan memerlukan jangka waktu yang lama sebelum bisa menghasilkan produksi,” ujarnya.

Sebelumnya, PTFI menyampaikan bakal menggelontorkan investasi kurang lebih sebesar US$ 1 miliar atau Rp 15,80 triliun per tahun hingga 2041. Adapun investasi tersebut digunakan untuk aktivitas tambang bawah tanah.

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas mengatakan pihaknya akan menyiapkan investasi tambahan hingga US$ 12 miliar atau Rp 189,46 triliun hingga 2041 ke depan.

“Untuk penambangan setelah 2041 ini kita masih belum bisa mengidentifikasi berapa banyak, tapi yang pasti besar maksudnya besar tuh kalau lihat sejarahnya hampir sama dengan investasi sekarang US$ 1 miliar per tahun,” ujar Tony dalam acara Mining Zone CNBC Indonesia, dikutip Senin (25/3/2024).

Neraca Dagang Surplus 52 Bulan Beruntun di Agustus

Deputi Bidang Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini, saat memberikan rilis mengenai Perkembangan Ekspor dan Impor Indonesia Agustus 2024. (CNBC Indonesia/Arrijal Rachman)
Foto: Deputi Bidang Distribusi dan Jasa BPS, Pudji Ismartini, saat memberikan rilis mengenai Perkembangan Ekspor dan Impor Indonesia Agustus 2024. (CNBC Indonesia/Arrijal Rachman)

Neraca perdagangan Indonesia Agustus 2024 mengalami surplus US$2,90 miliar. Surplus ini adalah surplus ke 52 bulan beruntun sejak Mei 2020.

Pudji Ismartini, Deputi Bidang Distribusi dan Jasa BPS, mengungkapkan surplus ini meningkat US$ 2,4 miliar secara bulanan (month to month/mtm) dari Juli 2024. Namun, surplus ini masih lebih rendah dibandingkan bulan yang sama tahun lalu.

“Surplus neraca perdagangan Agustus 2024 ini lebih ditopang surplus komoditas nonmigas US$ 4,34 miliar dengan komoditas penyumbang utama adalah bahan bakar mineral atau HS 27 kemudian lemak hewan atau nabati HS 15 serta besi dan baja atau HS 72,” papar Pudji, Selasa (17/9/2024).

Pada saat yang sama, neraca perdagangan komoditas minyak dan gas (migas) tercatat defisit US$ 1,44 miliar dengan komoditas penyumbang defisit pertama hasil minyak dan minyak mentah.

“Defisit neraca perdagangan migas Agustus 2024 ini tidak sedalam bulan sebelumnya tapi masih lebih dalam dibandingkan bulan yang sama tahun lalu,” kata Pudji.

Secara kumulatif, neraca perdagangan dari Januari hingga Agustus tercatat surplus US$ 18,85 miliar atau turun sebesar US$ 5,47 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

“Jika dilihat lebih rinci secara akumulatif neraca perdagangan nonmigas surplus US$ 32,54 miliar atau lebih rendah sekitar US$ 3,83 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu,” kata Pudji.

Sementara itu, defisit neraca perdagangan migas mencapai US$ 13,69 mliar atau lebih besar US$ 1,64 miliar dibanding Januari-Agustus 2023.

Berdasarkan negara, surplus akumulatif terbesar hingga Agustus terjadi dengan Tiongkok sebesar US$ 8,22 miliar.

Rilis BPS Selasa, (17/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube BPS Statistics)
Foto: Rilis BPS Selasa, (17/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube BPS Statistics)
Rilis BPS Selasa, (17/9/2024). (Tangkapan Layar Youtube BPS Statistics)

Woodball Bali amankan dua slot di final

Kontingen Bali untuk cabang olahraga woodball mengamankan dua slot di babak final, yaitu di nomor single stroke putra dan single stroke putri pada PON XXI Aceh-Sumatera Utara.

“Kami punya peluang yang sama,” kata manajer woodball Bali I Nyoman Kuat di Lapangan Golf Lampuuk, Lhoknga, Aceh Besar, Minggu.

Adapun dua atlet asal Bali yang memastikan tempat di final yakni Anak Agung Ngurah Smara Kencana Raja di nomor single stroke putra dan I Gusti Ayu Putu Ananda Santhika Artawan pada nomor single stroke putri.

Keduanya dijadwalkan berlaga memperebutkan emas di Lapangan Golf Lampuuk, Lhoknga, Aceh Besar pada Rabu (18/9).

Ia optimistis tim Bali membawa pulang medali emas atau sesuai target yang ditetapkan, terlebih Bali menjadi juara umum ketika menjalani Babak Kualifikasi (BK) PON XXI.

Tim woodball Bali menargetkan dua medali emas dari total 16 atlet, masing-masing delapan putra dan putri yang dikirim di ajang olahraga terbesar empat tahun sekali itu.

Sedangkan pada Minggu ini, dua tim beregu putra dan putri dari Bali sedang menjalani babak penyisihan.

Adapun empat orang atlet beregu putra yang turun yakni Gede Riska Sanjaya, Gusti Putu Eddy Supriyadinata, I Made Indra Mahendra Dusak, dan Putu Budhiyasa.

Sedangkan beregu putri menurunkan atlet Ni Luh Manik Purwati, Ni Nengah Emmy Septia Wulandari, Ni Puti Dewi Swastini, Ni Putu Niken Ayu Sukmawati.

Pada klasemen sementara perolehan medali hingga Sabtu (14/9) pukul 20.30 WIB, Bali mengumpulkan 19 medali emas, 23 medali perak, dan 33 medali perunggu dengan total 75 medali.

kas138

Perampokan 129 Kg Emas di Jakarta Terjawab, Dibongkar Dukun!

Gold bars and coins are stacked in the safe deposit boxes room of the Pro Aurum gold house in Munich, Germany,  August 14, 2019. REUTERS/Michael Dalder
Foto: Emas Batangan dan Koin dalam brankas Pro Aurum di Munich, Jerman pada 14 Agustus 2019. (REUTERS/Michael Dalder)

Emas menjadi salah satu barang berharga yang kerap disimpan pemiliknya. Tak ayal, banyak terjadi perampokan emas, hingga salah satu yang menjadi viral kala itu adalah perampokan emas di Jakarta tahun 1970-an.

Tercatat, nilai perampokan tersebut sampai 129 Kg emas, emasnya pun dirampok dari berbagai toko di Jakarta. Pelaku menjalani aksi sangat rapih dan menutupi kedok dengan berbagai cara. Kepolisian pun kesulitan menangkapnya. Namun, semua terbongkar karena bantuan seorang dukun. Berikut kisah lengkapnya.

Berawal dari Bokek

Pada 1970-an di Jakarta, hidup seorang pemuda bernama Johanes Hubertus Eijkenboom atau lebih dikenal, Johny Indo. Johny, yang menikah muda di usia 16 tahun, terpaksa bekerja untuk mencukupi hidup anak dan istri.

Kelak, beban bertambah usai ayahnya meninggal, sehingga dia juga harus menanggung ibu dan adik-adiknya. Dia lantas bekerja sebagai montir hingga supir truk. Beruntung, fase bekerja di jalanan tak lama.

Johny, yang merupakan blasteran Belanda dan punya wajah tampan, diajak masuk ke dunia hiburan sebagai model dan aktor film. Dari sini, dia sehari-hari keluar masuk studio dan kamera. Hanya saja, kegiatan itu tak terus menerus dilakukan.

Ada fase dia tak ditawari main film atau jadi model. Saat fase ini terjadi, dia langsung tak punya uang alias bokek. Apalagi, saat punya uang, Johny sering boros.

Alhasil, sebagaimana diceritakan Willy Angelicus Hangguman dalam Johny Indo: Tobat dan Harapan(1990), dia mengambil jalan pintas: merampok toko emas. Jalan ini diambil berkat ajakan seorang teman. Johny yang sedari dulu sering membaca kisah-kisah perampokan melalui novel atau komik langsung mengeksekusi dengan baik ajakan temannya itu.

Maka, perampokan pun terjadi. Pada 20 September 1977, Johny memimpin perampokan terhadap toko emas di Kebon Kacang, Tanah Abang. Dia sukses menggasak 2 Kg emas. Kesuksesan ini membuat Johny makin percaya diri. Dia mantap menjadi penjahat sebagai pekerjaan sampingan.

Singkat cerita, pria kelahiran 6 November 1948 itu melakukan perampokan emas sepanjang 1977-1978. Tentu perampokan dilakukan dalam waktu berjauhan supaya mengelabui polisi. Total dia menggasak 129 Kg emas.

Berbagai media pun menjadikan perampokan tersebut jadi bahan pemberitaan hangat. Polisi kesulitan melakukan penyelidikan kasus. Sebab, dilakukan sangat rapih. Johny pun menutupi citranya sebagai penjahat. Dia tetap jadi aktor dan model.

Keluarga pun tidak mengetahui kalau Johny menjalani pekerjaan sampingan sebagai perampok. Bahkan, sang istri, Stella, sempat bertanya mengenai kasus perampokan kepada Johny tanpa tahu bahwa yang jadi lawan bicara adalah aktor utama.

“Sudah baca. Nekat amat ya orang-orang itu. Siang-siang lagi. Tapi pelakunya belum tertangkap,” kata Stella.

“Itu urusan polisi. Aku ngantuk banget. Pingin tidur, capek,” timbal Johny.

Terbongkar Berkat Dukun

Selama kucing-kucingan dengan polisi, Johny selalu was-was. Apalagi, sang istri juga mulai heran kalau dirinya sering membawa uang yang sangat banyak untuk ukuran model. Meski lama selalu lolos, akhirnya dia ketahuan juga.

Pada 18 April 1979, polisi menangkap komplotan Johny. Dari sini ketahuan bahwa perampokan emas besar-besaran di Jakarta dilakukan oleh orang yang sering mondar-mandi di layar kaca. Saat melakukan penggerebekan ke rumah tersangka, polisi tak menemukan Johny.

Ternyata, Johny yang punya firasat buruk sudah menemui seorang dukun di Ancol. Kata dukun, dia harus pergi ke suatu gua di Gunung Guruh, Sukabumi. Maka, pergilah dia ke Sukabumi.

Sesampainya di sana, dia menemui dukun yang menjaga gua. Dia berkata ingin bertapa agar selamat dari kejaran polisi. Mendengar itu, si dukun kaget. Ternyata dia berhadapan dengan penjahat kelas kakap.

Alhasil, si dukun bersiasat. Dia takut juga kalau dianggap menyembunyikan penjahat oleh polisi. Terlebih, polisi sudah menerbitkan lembar DPO dan memajang wajah Johny di berbagai tempat. Dia lantas memperbolehkan Johny bertapa. Saat momen ini si dukun langsung lapor ke polisi.

Maka, berkat bantuan seorang dukun, berakhirlah perjalanan Johny oleh polisi pada 26 April 1979. Pengadilan lantas menghukum Johny 14 tahun penjara di Nusa Kambangan. Setelah kasus terbongkar, keluarga menghadapi hari-hari berat. Stella syok kalau suaminya perampok. Anak-anaknya sering dicemooh.

Pada titik ini, Johny menyesal atas perbuatannya. Selama proses penahanan, dia kemudian bertaubat menjadi Kristen yang taat. Namun, pada tahun 2000-an, dia beralih masuk Islam dan punya nama Umar Billah. Johny wafat pada 26 Januari 2020.